Kamis, 22 November 2007

Apa sih Manajemen itu?

Apa sih manajemen itu?


Manajemen berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement. Artinya seni melaksanakan dan mengatur.

Tapi sampai sekarang apa itu manajemen belum ada definis yang mapan dan diterima secara universal. Artinya sampai sekarang ini definisi manajemen banyak, tergantung ahli mana yang dijadikan rujukan.

Mary Parker Follet, (ahli teori manajemen dan politik AS) misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.

Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan. Sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal; dalam berbagai bidang seperti industri, pendidikan, kesehatan, bisnis, finansial dan sebagainya. Dengan kata lain efektif menyangkut tujuan dan efisien menyangkut cara dan lamanya suatu proses mencapai tujuan tersebut.

Lalu apa itu ilmu manajemen?

Ilmu manajemen merupakan suatu kumpulan pengetahuan yang disistemisasi, dikumpulkan dan diterima kebenarannya. Hal ini dibuktikan dengan adanya metode ilmiah yang dapat digunakan dalam setiap penyelesaian masalah dalam manajemen.

Namun selain itu, beberapa ahli seperti Follet menganggap manajemen adalah sebuah seni. Hal ini disebabkan oleh kepemimpinan memerlukan kharisma, stabilitas emosi, kewibawaan, kejujuran, kemampuan menjalin hubungan antaramanusia yang semuanya itu banyak ditentukan oleh bakat seseorang dan sulit dipelajari.

:ngutip dari Wikipedia



2 komentar:

ADY.S mengatakan...

saya lulusan sma" trus mau ngambil study menejemen" tp blom ngerti nich apa sich menejemen itu"
bagi2 pengetahuan nya ya mba...!!

Akbarchiungha mengatakan...

sAya uDah mEnDaftar di uNM ambiL juRusan Menejemen ,tapi q tdk tau menejemen itu apa..... & mengenai apa? tolong dijelaskan sdikit y